RSS

Part Test of Life

Salam kenal buat kawan terhebat,
"Hanya seseorang yang mengabdikan dirinya untuk suatu alasan dengan seluruh kekuatan dan jiwanya yang bisa menjadi seorang guru sejati. Dengan alasan ini penguasaan menuntut semuanya dari seseorang."
-Albert Einsten-

Pekerjaan Paruh Waktu yang Cocok untuk Mahasiswa

Hidup di tempat rantau menjadi salah satu pengalaman sangat berharga. Suka, duka dan manir asinnya hidup sudah Anda rasakan apalagi jika ternyata kiriman dari orang tua di kampung halaman tidak lagi cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Berbagai tips untuk berhemat bahkan sudah Anda lakukan dengan sangat baik namun keuangan selalu saja minus bahkan sebelum akhir bulan tiba, Anda sudah harus meminjam uang ke beberapa teman. Menjadi seorang mahasiswa tidak hanya menuntut Anda untuk bisa belajar dengan giat namun juga harus memiliki kecerdasan untuk bisa membagi waktu. Banyak kisah mahasiswa yang sukses membuat sebuah usaha atau bahkan berhasil membiayai hidup sendiri selama berjuang mendapatkan sarjana karena keahliannya dalam membagi waktu. Nah, jika Anda adalah salah satu pribadi yang pantang menyerah, tentunya beberapa jenis pekerjaan paruh waktu ini akan dicoba untuk bisa menambah tabungan.
1. Pengajar bimbingan belajar atau guru private
Menjadi seorang pengajar bukanlah hal buruk untuk dilakukan. Bahkan, jika Anda memiliki kompetensi dan keahlian yang mumpuni maka lembaga belajar tempat dimana Anda bekerja tidak segan-segan menaikkan gaji Anda. Kunci penting yang harus Anda miliki adalah rasa suka dan nyaman berada di samping anak-anak. Hanya dengan menyisihkan waktu antara 1,5 jam sampai dengan 3 jam dalam sehari maka gaji bulanan sudah bisa diterima dan dapat digunakan untuk membayar kebutuhan sehati-hari.
2. Freelance
Bekerja freelance atau serabutan bisa menjadi salah satu alternatif pekerjaan jika memang waktu luang Anda lumayan longgar. Beberapa event besar tahunan yang ada hanya dalam beberapa hari saja bisa sangat membantu keuangan Anda. Relasi dengan komunitas perlu dibangun sehingga lowongan untuk bergabung pada banyak event bisa dengan mudah Anda akses. Selain itu, jika Anda menyukai dunia tulis menulis maka Anda juga bisa ikut dalam tim jurnalistik tau iseng-iseng mendaftar sebagai kontributor pada sebuah website berita yang tidak mengharuskan Anda pergi ke kantor setiap hari dan masih bisa fokus dengan kegiatan kampus.
3. Penerjemah
Kerja paruh waktu sebagai penerjemah ternyata memberikan banyak sekali kesempatan kepada Anda untuk mendapatkan tambahan uang saku. Jika Anda menguasai berbagai bahasa selain bahasa indonesia, tentunya kesempatan emas ini bisa Anda ambil. Sistem bekerjanya yang santai sudah tentu tidak akan mengganggu jam kuliah.
4. Dunia fotografi
Selain menjadi hobi, ternyata Anda yang menyukai dunia fotografi memiliki kesempatan besar untuk tetap menjalankan hobi tetapi dengan imbalan uang saku. Keterampilan dalam memotret akan terasah seiring dengan berjalannya waktu bahkan jika hasil yang Anda berikan memuaskan maka berbagai tawaran proyek besar akan dengan mudah Anda dapatkan.
5. Programer dan mengolah website
Teknologi informasi memberikan kemudahan kepada setiap orang untuk mengakses berbagai informasi. Nah, teknologi ini tampaknya akan menjadi pintu gerbang Anda untuk meniti karier. Berkecimpung di dunia IT atau jika memang Anda adalah mahasiswa dengan program studi informatika sudah tentu mengolah website menjadi hal mudah. Maka dari itu, segeralah mencari lowongan yang memberikan deskripsi pekerjaan sesuai dengan hal yang Anda kuasai.
6. Tour guide
Menjadi seorang pemandu wisata bisa saja dilakukan oleh banyak orang. Jika kemampuan berbahasa asing Anda miliki maka poin plus-plus tersebut bisa dengan mudah memberikan Anda kesempatan untuk menambah uang saku sambil jalan-jalan. Anda hanya perlu mengantarkan para wisatawan ke berbagai objek wisata dan menceritakan sedikit tentang objek wisata tersebut.
7. Paruh waktu di café atau restaurant
Biasanya di beberapa jantung kota yang menjadi wilayah kampus berdiri terdapat berbagai jenis café dan restaurant yang biasanya digunakan mahasiswa untuk nongkrong. Nah, ini bisa Anda jadikan sebagai peluang besar untuk mendapatkan kesempatan mendapatkan uang tambahan. Selain itu Anda juga mendapatkan kesempatan untuk bisa mengenal dengan banyak orang yang ada di lingkungan baru Anda.
Beberapa jenis pekerjaan paruh waktu yang bisa Anda lakukan sebagai mahasiswa di atas mungkin bisa segera dicoba sehingga permasalahan Anda di bagian keuangan bisa segera tertangani.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar