RSS

Part Test of Life

Salam kenal buat kawan terhebat,
"Hanya seseorang yang mengabdikan dirinya untuk suatu alasan dengan seluruh kekuatan dan jiwanya yang bisa menjadi seorang guru sejati. Dengan alasan ini penguasaan menuntut semuanya dari seseorang."
-Albert Einsten-

ATURAN PENDAKI SAAT MENDAKI GUNUNG


Kawula muda tentu tertarik dengan banyak sekali kegiatan outdoor yang menantang jiwa-jiwa muda, terutama mendaki gunung. Bagaimana dengan diri Anda? Mendaki yang biasanya dilakukan secara berkelompok ini biasanya dilakukan oleh para mahasiswa, bujang, pekerja, bahkan banyak dari Anda yang mungkin adalah seorang pembisnis, wanita karier, atau profesi lain yang waktunya sangat diluangkan untuk bekerjam sedangkan waktu liburan sangat singkat. Hal ini menjadi salah satu penyebab setres bahkan tekanan dalam diri yang menurunkan semangat untuk rutinitas atau gairah untuk kembali menjalani hari-hari.
Pemandangan yang indah, pertemuan yang hangat, dan bercengkerama merupakan alasan pada pendaki untuk rela meluangkan waktu, uang, bahkan tenaga. Lalu bagaimana aturan-aturan yang harus tetap ditaati oleh para pendaki sehingga keselamatan diri, pengalaman petualang, dan ekspektasi-ekspektasi pendakian seperti dalam foto-foto negeri di atas awan yang beredar banyak di sosial media tersebut bisa tercapai? Nah berikut aturan-aturan yang harus Anda taati saat mendaki gunung.
1.      Tidak meninggalkan apapun kecuali jejak
Sudah terbukti bahwa kebanyakan permasalahan yang muncul di atas gunung yang disebabkan oleh tingginya minat kawula muda untuk mendaki gunung ialah sampah. Kesadaran untuk membawa sampah turun sangat rendah apalagi untuk kawula muda yang mendaki gunung hanya karena ikut-ikutan, ingin sekedar hits, atau lain sebagainya. Padahal sudah tentu pembuangan sampah sembarangan di samping membuat lingkungan sekitar menjadi kotor dan kumuh juga dapat merusak lingkungan.
2.      Tidak mengambil apapun kecuali gambar
Jangan sekali-kali mengambil atau sengaja memetik sesuatu yang ada dalamm perjalanan pendakian Anda. Mungkin beberapa dari kawula muda ada yang sengaja memetik bunga edelweiss atau hal-hal lain untuk sekedar sebagai tanda bahwa Anda pernah pergi ke sana, oleh-oleh untuk kekasih, atau yang lainnya.
3.      Tidak mengatakan apapun yang buruk, perbanyaklah berdoa
Mungkin ini sulit untuk dipercaya, tetapi percaya atau tidak, kekuatan dalam alam sangat menakjubkan. Alam memberikan energi sesuai dengan energi yang kita keluarkan. Kurangi perkataan buruk, jorok, dan kotor. Banyak-banyaklah berdoa. Selamat ,mendaki kawula muda!

NB : Naskah ini pernah penulis gunakan untuk ujian seleksi menjadi freelance writer

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar